Zona ny(aman)

Malam ini saya melihat tetangga kosan yang sudah berkali-kali papasan namun hanya komunikasi nonverbal yang kami lakukan. Tak ada kalimat yang pernah kami saling utarakan.
dua tahun di kosan ini, saya telah menyaksikan keluar masuk penghuni.
Dari yang hanya coba-coba mencari kosan yang 'pas' sampai yang cari kesunyian demi tugas akhir (yak, kosan ini kurang hidup, bangunan tua yang cukup tenang cenderung mistis)

Malam ini saya melihat sosok pria dengan kemeja formalnya rapi dengan sepatu pantofelnya, jalan dengan muka masam lelah dengan langkah sedikit berat dan tas punggung yang nampak menambah bebannya hari ini.

firstjober nampaknya, karena tahun sebelumnya terlihat sibuk dengan tugasnya, dan berubah cara berpakaiannya. saat masih mahasiswa, dia tak nampak serapi itu.

dia nampak makin murung

ya, asumsi cuman asumsi dan bayangan bias pribadi membuat diri ini makin tidak siap meninggalkan status mahasiswa yang memberikan berbagai fasilitas eksklusif dan segala kenyamanan, status mahasiswa yang sering saya gunakan untuk merasa aman, dengan berlindung dibalik status mahasiswa aktif.

tapi mau tidak mau dan pasti akan terjadi saya harus berani. tidak mungkin juga lebih dari empat tahun menghabiskan uang rakyat [ demi merasa ny(aman) ].

foto bersama video journalist CNN dalam pelatihan TVUI



Komentar