Memajukan Industri Musik Indonesia

Misi #16


Apa itu hanya judul clickbait saja? seperti post-post sebelumnya?

Tidak, kali ini bukan hanya jebakan belaka.

Industri musik di era digital seperti sekarang sudah sangat berubah, penjualan musik berbentuk fisik (cd, kaset dll) turun drastis sejak kehadiran internet dan file sharing online yang memudahkan semua orang untuk dapat berbagi file musik secara cuma-cuma. tentunya dengan cara yang ilegal. hal tersebut berdampak pada penghasilan para seniman musik.
apalagi sekarang sudah menjamur situs-situs atau aplikasi streaming musik lengkap dan gratis tentunya.

Sumber pendapatan musisi sekarang lebih banyak berasal dari konser dan tur keliling kota. Sementara penjualan musik tidak seberapa meski mereka juga telah menjual musik-musiknya melalui layanan digital (musik download berbayar)



Nah, salah satu yang menjadi pendapatan para musisi adalah RBT, nada sambung pribadi, musik yang kita dengarkan ketika memanggil nomor seseorang (pengganti nada tut tut tut). Kali ini (dalam rangkaian misi #21) saya ikut serta dalam memajukan industri musik Indonesia dengan cara menggunakan RBT, kalau di indosat nama layanannya i Ring. Dengan mengaktifkan RBT di ponsel, selain menghibur orang-orang sambil menunggu kita mengangkat telepon, kita juga memberikan penghasilan untuk para musisi Indonesia. dan tentunya sebagai salah satu bentuk apresiasi kita kepada musik-musik tanah air.


📲
silahkan telepon nomor saya, untuk mengetahui musik apa yang saya gunakan.

Komentar