Iklan layanan Masyarakat





Tema : Hati – hati di Internet (dampak dan etika dalam berselancar di dunia maya)
Dalam bentuk Kampanye Sosial
            Isu yang berkaitan dengan internet sangatlah banyak dan beragam, hal tersebut memang didukung dengan hadirnya perkembangan teknologi yang bisa dibilang cukup pesat. Saat ini siapa saja dapat menggunakan internet, tetapi apakah semua orang yang menggunakan internet mengetahui etika dan aturan yang ada dalam dunia maya?
Berkaitan dengan tidak semua orang mengetahui etika dalam berselancar di dunia maya menimbulkan banyak permasalahan, salah satunya yang terkenal adalah isu HateSpeech. Dengan semakin berkembangnya teknologi membuat semakin mudah pula seseorang dalam menggunakannya, tetapi dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi tersebut mengakibatkan penyalahgunaan internet termasuk sosial media oleh orang yang tidak beretika. HateSpeech termasuk ke dalam salah satu hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki etika, karena dengan mudahnya mereka dapat menuliskan konten apapun dan mengirimkannya kepada siapapun. Fakta mengerikan dibalik isu hatespeech ini adalah

“Indonesia merupakan salah satu negara dengan serangan dunia maya yang terbanyak, pada tahun 2016 hate speech yang membahas unsur SARA adalah kejahatan ‘maya’ yang paling banyak terjadi. beberapa kejahatan ‘maya’ lainnya bahkan berujung pada kekerasan yang dilakukan anak dibawah umur, kejahatan seksual, dan kasus penculikan”. 
 
            Oleh sebab itu, kelompok kami ingin melakukan sebuah kampanye sosial yang menggunakan media poster yang memiliki makna seputar hate speech. Poster tersebut memiliki konsep yaitu “Hati – hati dengan Tanganmu” karena diibaratkan sebagai seseorang yang menggunakan sosial media, mereka dapat menuliskan apa saja yang mereka inginkan termasuk hate speech itu sendiri. Kemudian konsep gambar yang diusung adalah seseorang yang sedang menulis di depan komputer, tetapi pada keyboards nya ditambahkan efek visual paku-paku. Konsep tersebut memberikan pesan bahwa berhati – hati lah dengan tanganmu saat mengetik sesuatu di media sosial, karena hal tersebut dapat memiliki dampak yang besar kepada orang lain. Dampak tersebut salah satunya adalah hatespeech, sehingga kita ingin memberikan kampanye bahwa keyboards yang berisi paku merupakan sebuah warning kepada tiap orang untuk berpikir dua kali atau lebih sebelum mereka menulis sesuatu di internet atau media sosial.

Komentar